​Huddersfield 0-2 Man United: Lukaku Bawa Setan Merah ke Perempat Final FA Cup

Manchester United sukses mengamankan tiket perempat final FA Cup. Kemenangan diraih Red Devils di John Smith’s Stadium, markas Huddersfield Town dengan skor 2-0.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Dirundung banyak badai cedera pemain, David Wagner banyak merombak susunan pemain Huddersfield Town. Tanpa Aaron Mooy yang biasa dimainkan di belakang penyerang tunggal, Wagner menempatkan Tom Ince di posisi tersebut.

Sementara itu, skuat Manchester United masih terbilang kuat kendati Jose Mourinho merotasi beberapa pemainnya. Alexis Sanchez, Nemanja Matic, Juan Mata, dan Romelu Lukaku turun sebagai starter di laga ini.

Man United pun colong start saat laga baru berjalan dua menit. Mereka membungkam publik John Smith’s Stadium melalui gol yang diciptakan Lukaku, kala ia menerima bola dan mendribelnya melewati Christoph Schindler, sebelum menceploskannya ke gawang yang dijaga Jonas Lossl. 1-0 Man United unggul.

Selepas keunggulan tersebut, Man United uniknya malah kesulitan mengontrol bola. Huddersfield bermain lebih baik dengan kepercayaan diri tinggi saat mengontrol bola, dan coba melancarkan tekanan ke pertahanan Man United. Ketika kehilangan bola atau dalam proses bertahan, Huddersfield juga langsung melakukan pressing, sehingga para pemain Man United kesulitan mengembangkan permainan. Skor bertahan hingga 30 menit pertandingan berlangsung.

Semenit sebelum laga berakhir di waktu normal di babak pertama, Man United sedianya mencetak gol kedua melalui gol yang diciptakan Mata. Namun, wasit Kevin Friend menganulir gol tersebut setelah menerapkan regulasi VAR (Video Asisten Wasit), dan berdiskusi dengan wasit yang bertugas melihat rekaman ulang. Alhasil, sampai paruh pertama berakhir, Man United tetap unggul 1-0.

Babak Kedua

Tidak ada perubahan di awal babak kedua ini. Huddersfield yang di babak pertama unggul penguasaan bola 51 persen, melanjutkan permainan mereka di babak kedua. Huddersfield terus menekan pertahanan Man United, coba menciptakan peluang untuk mengejar ketertinggalan. Intensitas serangan mereka juga meningkat.

Namun, justru Man United yang kembali mencetak gol. Tepat di menit 54, dari serangan balik kilat pasca merebut bola dari situasi sepak pojok Huddersfield, bola direbut Lukaku yang memberikannya kepada Sanchez, yang kemudian mengembalikannya kepada Lukaku. Dalam posisi onside, Lukaku kembali membobol gawang Lossl untuk kedua kalinya. Man United menjauh dengan keunggulan 2-0.

Wagner memasukkan dua full-backs di menit 69 untuk menggantikan Terence Kongolo dan Florent Hadergjonaj. Keduanya dimasukkan dengan harapan Huddersfield semakin bermain ofensif, karena keduanya full-backs yang suka naik membantu serangan.

Huddersfield memang semakin agresif ketika menyerang. Tapi, pertahanan mereka juga lawan diserang balik oleh Man United. Sampai menit 75 kedudukan belum berubah. Mourinho melakukan pergantian pertamanya saat menarik keluar Sanchez, menggantinya dengan Anthony Martial.

Laga memasuki menit 80. Wagner melakukan pergantian terakhirnya dengan memainkan Abdelhamid Sabiri, untuk menggantikan Rajiv van La Parra. Sementara Mourinho mengganti Mata dengan Jesse Lingard, serta memberi waktu Eric Bailly bermain selama semenit kala masuk menggantikan Lukaku.

Segala pergantian itu pun hanya semata formalitas. Sebab, tak ada lagi gol yang tercipta di John Smith’s Stadium. Laga berakhir 2-0 untuk kemenangan Man United atas Huddersfield.

Susunan Pemain:

Huddersfield Town (4-2-3-1): Jonas Lossl; Terence Kongolo (Scott Malone 69′), Christopher Schindler, Mathias Jorgensen, Florent Hadergjonaj (Tommy Smith 69′); Danny Williams, Philip Billing; Rajiv van La Parra (Abdelhamid Sabiri 83′), Tom Ince, Collin Quaner; Steve Mounie

Manajer: David Wagner

Manchester United (4-3-3): Sergio Romero; Luke Shaw, Chris Smalling, Victor Lindelof, Ashley Young; Nemanja Matic, Michael Carrick, Scott McTominay; Alexis Sanchez (Anthony Martial 75′), Romelu Lukaku (Eric Bailly 90+2′), Juan Mata (Jesse Lingard 80′)

Related posts