5 cara mengatasi insomnia tanpa obat penenang

Lepas dari legal atau tidak, beberapa orang memang butuh penenang untuk atasi insomnia. Tapi sebelum melirik obat, coba dulu beberapa alternatif berikut ini.

1. Jauhkan gadget dari tempat tidur, keberadaan perangkat telekomunikasi tersebut memicu kegelisahan ketika muncul godaan untuk membuka dan mengecek pesan yang masuk, bahkan saat tidak ada notifikasi sekalipun. Selain itu, pancaran sinar dari layar gadged mengganggu produksi melatonin. Yakni hormon pemicu rasa kantuk.

2. Minuman berkafein, seperti soda dan kopi, punya efek mengusir kantuk. Selain itu, kandungan gula yang kadang sudah sepaket dengan minuman tersebuh, berpengaruh pada produksi hormon yang semakin membuat susah tidur yakni adrenalin dan kortisol

3. Tubuh yang bugar menjamin sirkulasi darah dan ogsigen selalu lancar. Kondisi tersebut di butuhkan untuk tidur yang berkualitas. Di sisi lain, oalahraga juga mencegah kegemukan. Berbagai gangguan tidur seperti sleep apnea atua henti nafas saat tidur. Paling tinggi resikonya pada orang gemuk.

4. Walau demikian, jangan olah raga yang terlalu berat pada waktu-waktu yang terlalu dekat dengan jadwal tidur. Di anjurkan tidak melakukan aktifitas yang melelahkan dalam 5-6 jam sebelum tidur. 

5. Makan berlebihan menjelang tidur akan memberi kerja exstra pada sistem pencernaan, selain juga rasa tidak nyaman ketika berbaring. Peningkatan kadar gula setelah makan berat juga menghambat produksi melatonin atau hormon mengantuk 

Related posts