5 Pemain Ini Harganya Lebih Mahal dari Nilai Jual Klub

Dunia sepak bola tengah menunggu kepastian transfer Neymar yang kian dekat ke Paris Saint-Germain. Dipercaya, raksasa asal Prancis itu siap menebus Neymar jauh lebih mahal dari harga rekor transfer yang dipegang Paul Pogba.Belakangan ini, harga transfer pemain sudah makin di luar nalar. Bahkan, tak sedikit pemain yang harganya bahkan lebih mahal dari beberapa klub terkenal di dunia.

Neymar seperti yang disebutkan sebelumnya bisa jadi contoh. Andai benar, bintang asal Brasil itu akan ditebus oleh PSG dari Barca dengan mahar 222 juta euro.

Bila terjadi, Neymar akan lebih mahal ketimbang beberapa klub papan atas Eropa, semisal FC Porto (205,95 juta euro), Lazio (202,20 juta euro) dan Sevilla (199 juta euro). Nah, selain Neymar ada lima nama lain yang punya harga lebih mahal dari saham klub papan atas Dunia.
Siapa saja mereka? 
5. Bernardo Silva – (Lebih Mahal dari FC Kopenhagen)

Kopenhagen mungkin bukan klub terbesar di dunia, tapi acap bicara banyak di Liga Champions pada masa lalu. Tak bisa dipungkiri, mereka juga merupakan sebuah kekuatan yang harus diperhitungkan di Denmark.

Juara Denmark itu telah memenangkan Liga 12 kali sejak awal tahun 1992. Mereka jua merupakan klub asal dataran Skandinavia tertinggi ketiga dalam daftar peringkat UEFA.

Manchester City sendiri tak masalah harus keluarkan uang banyak untuk memboyong talenta Portugal, Bernardo Silva. Mantan pemain AS Monaco itu telah memainkan peran penting dalam kebangkitan timnya pada musim lalu. Pep Guardiola merayu City untuk mau keluarkan uang 47,92 juta euro untuk mendapatkan jasanya.

Bernardo Silva tidak hanya masuk jajaran transfer mahal dunia. Tapi, harganya telah melebihi nilai kumulatif FC Kopenhagen.
4. Kyle Walker – (Lebih Mahal dari Santos FC)

Sepak bola Brasil dinobatkan sebagai juara dunia 5 kali dan terus memberikan dunia sepak bola dengan pemain kelas. Salah satu klub yang terus menciptakan pemain berkualitas dari tahun ke tahun adalah Santos FC.

Mereka telah melahirkan pemain kelas dunia seperti Pele, Socrates, Robinho dan Neymar. Namun, ketika sampai pada nilai saham, Santos masih kurang tenar dibanding Sao Paulo. Rivalnya itu menjadi klub dengan nilai saham tertinggi, yakni 70,78 Juta euro, sedang Santos senilai 50.80 juta euro.

Ketika Pep Guardiola merekrut mantan bek Tottenham Hotspur Kyle Walker dengan bayaran transfer yang diprediksi bernilai € 55 juta, banyak pihak mempertanyakan. Sebab, di Spurs, Walker jua mulai tergusur oleh Kieran Trippier. Namun, di balik itu semua Walker bukan cuma jadi pemain Inggris termahal, tapi lebih tinggi dari nilai pasar Santos.
3. Alexandre Lacazette – (Lebih Mahal dari Standar Liege)

Arsenal akhirnya resmi mendapatkan striker berkelas, Alexandre Lacazette yang diprediksi akan jadi pengganti Alexis Sanchez yang terus dikabarkan cabut setiap harinya. Arsene Wenger yang biasanya irit di lantai transfer, kini berani keluar uang banyak karena gagalnya Arsenal ke Liga Champions.

Siapa sangka Wenger mau memecahkan rekor transfer Arsenal sepanjang masa dengan menghabiskan lebih dari 58 juta euro untuk striker Lyon tersebut. Bahkan, nilai transfer Lacazette lebih mahal dibanding raksasa Belgia, Standard Liege, yang bernilai 51,95 juta euro.

Dibentuk pada tahun 1898, klub berjuluk Les Rouches telah berada di antara klub elit Belgia. Mereka telah memenangkan gelar Belgia 10 kali. Namun, beberapa tahun terakhir, terjadi penurunan nilai saham dari semua klub liga Belgia lantaran sepi peminat. Bahkan tidak ada klub dari liga itu yang mampu menembus angka 100 juta euro dalam hal nilai pasar.
2. Alvaro Morata – (Lebih Mahal dari Huddersfield Town)

Huddersfield Town akan tampil di kasta teratas Liga Inggris untuk pertama kalinya pada musim mendatang. Tapi, itu tidak berarti The Terriers baru mengenal sepak bola Inggris.

Klub yang didirikan pada tahun 1908 itu adalah tim Inggris pertama yang memenangkan Liga selama 3 musim berturut-turut. Hal itu jadi sebuah rekor yang mereka pegang sampai hari ini dan belum ada yang bisa memecahkannya.

Namun, berkompetisi 45 tahun di Liga Inggris yang lebih rendah telah sangat menurunkan nilai saham mereka selama ini dan jatuh pada angka 52,10 juta euro. Bahkan, angka itu lebih rendah dari nilai pemain baru Chelsea, Alvaro Morata.

Mantan pemain Real Madrid, yang juga merupakan bagian sukses di Juventus, adalah sosok yang reputasinya terus meningkat setiap musimnya. Striker tersebut telah mengantongi 58 gol dalam 188 penampilan sejak pindah ke Juventus.

Dengan biaya transfer yang diyakini berada di kisaran 64,60 juta euro, Morata adalah pemain termahal Chelsea yang pernah ada. Jelas, dia memiliki tugas berat di depan dengan nilai transfernya itu.
1. Romelu Lukaku – (Lebih Mahal dari Galatasaray)

Ketika striker Belgia yang kekar besar itu bergabung dengan Manchester United dari Everton, banyak yang menyangsikannya. Apalagi, Red Devils sampai harus keluarkan uang 85 juta euro untuk mendapatkan jasanya.

Lukaku menjadi biaya transfer termahal kedua yang pernah dibayarkan oleh United dan yang tertinggi untuk pemain Belgia. Namun yang menarik adalah Lukaku punya harga lebih tinggi dari raksasa asal Turki, Galatasaray.

Galatasaray dikenal sangat sukses di Turki dan telah memenangkan liga dengan rekor 20 kali. Mereka jua memenangkan Piala UEFA dan Piala Super Eropa. Galatasaray jua merupakan tim yang paling dicintai di negaranya, dengan perkiraan lebih dari 40% para penggemar di Turki memilih klub yang berbasis di Istanbul.

Namun, terlepas dari itu, mereka masih lebih murah dari Lukaku. Karena nilainya hanya mencapai 84,60 juta euro

Related posts