Aplikasi ini bantu tuna netra melihat ke sekeliling

Langkah mulia baru saja dilakukan oleh Microsoft. Mereka coba mengaplikasikan teknologi artificial intelligence untuk bantu para tuna netra ‘melihat’ di sekelilingnya.
Perusahaan yang berbasis di Redmound, Amerika Serikat itu, merilis sebuah aplikasi yang bernama Seeing AI. Lewat aplikasi ini, para tuna netra dapat diberitahukan benda apa saja yang ada di sekitarnya. 
Aplikasi ini akan menggunakan kamera belakang ponsel untuk melakukan pemindaian. Setelah memindai, pengguna tinggal mendengarkan deskripsi yang akan dibacakan oleh ponsel. Alhasil mereka yang memiliki pengelihatan kurang baik makin terbantu mengetahui apa yang ada di sekelilingnya.
Bicara soal kemampuan Seeing AI sendiri, aplikasi ini tidak hanya bisa memindai orang lengkap dengan apa yang dikenakan, tapi juga emosinya. Selain itu, seperti diperlihatkan pada video, aplikasi ini dapat memindai berbagai teks, barcode bahkan mata uang.
Sayangnya aplikasi ini baru dirilis Microsoft untuk platform iOS. Belum ada informasi apakah aplikasi ini akan menyambangi Android. 
Tapi melihat Microsoft di bawah kepemimpinan Satya Nadella, kemungkinan besar aplikasi ini akan pula dibuatkan untuk versi Android

Related posts