Cara belajar bahasa mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang cukup rumit untuk dipelajari, terutama untuk penutur asli bahasa Inggris. Namun, dengan komitmen dan latihan setiap hari, hal ini mungkin dilakukan. Berlatihlah sendiri dengan buku Anda, atau dengan teman yang menguasai bahasa Mandarin, Teruskan membaca untuk ringkasan singkat tentang hal terpenting yang perlu Anda ketahui tentang belajar bahasa Mandarin.

Menguasahi dasar-dasarnya
1

Berlatih menggunakan empat nada bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin adalah bahasa bernada, yang artinya dengan nada yang berbeda, kata yang memiliki penulisan dan pengucapan yang sama bisa memiliki arti yang beda. Sangat penting untuk mempelajari perbedaan dari nada ini jika Anda ingin berbicara bahasa Mandarin dengan benar. Bahasa Mandarin memiliki empat nada, seperti berikut ini:

Nada satu adalah nada yang tinggi dan datar. Suara anda tetap datar, tanpa ada peningkatan atau penurunan dalam alur pengucapannya. Contohnya adalah kata “ma”, nada satu ditunjukkan dari simbol di atas huruf a: “mā”.

Nada dua adalah nada yang meningkat. Suara Anda naik dari nada bawah ke tengah, seperti ketika Anda saat mengatakan “hah?” atau “apa?” Nada kedua ini ditunjukkan dengan simbol “má”.

Nada ketiga adalah nada yang melengkung dari atas, bawah, lalu ke atas lagi. Nada bergerak dari tengah ke bawah lalu ke atas. Ketika dua suku kata nada ketiga berdekatan satu sama lain, yang pertama tetap menggunakan nada tiga sedangkan yang terakhir menjadi nada keempat. Nada ketiga ditunjukkan dengan simbol “mǎ”.

Nada keempat adalah nada yang menurun. Nada turun dari tinggi ke rendah, seperti ketika Anda berkata sebuah perintah seperti “Berhenti!” atau jika Anda sedang membaca buku dan menemukan sesuatu yang menarik dan berkata “huh”. Nada keempat ini ditunjukkan dengan simbol “mà”.

Cukup mudah? Jika masih sulit, jangan takut. Anda sangat direkomendasikan untuk mendengar nada ini dari penutur asli, karena akan susah memahaminya jika Anda sekadar membaca teks.

2. Hafalkan kosa kata yang sederhana. Tidak peduli bahasa apa yang Anda pelajari, semakin banyak kata yang Anda pahami, Anda akan semakin lancar menggunakannya. Maka, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mengingat beberapa kosa kata Mandarin yang berguna.

Beberapa kosa kata yang bisa anda mulai ingat termasuk: waktu dalam sehari (pagi: zǎo shàng, siang: xià wǔ, malam: wǎn shàng) bagian-bagian tubuh (kepala: tóu, kaki: jiǎo, tangan: shǒu) makanan (daging sapi: niú ròu, daging ayam: jī, telur: jī dàn, mie: miàn tiáo), juga macam-macam warna, hari, bulan, kata sambung, cuaca, dll.

Ketika Anda mendengar sebuah kata dalam Inggris, cobalah untuk berpikir bagaimana mengucapkannya dengan bahasa Mandarin. Jika Anda tidak tahu, catatlah kata itu dan cari tahu padanannya dalam bahasa Mandarin nanti. Sangat berguna untuk membawa catatan kecil sepanjang waktu untuk tujuan ini. Tempelkan label bahasa Mandarin (dengan karakter, pinyin, dan pengucapan) pada benda-benda di rumah Anda, seperti kaca, meja kopi, tempat gula, dll. Anda akan melihat huruf ini begitu sering sehingga dapat mempelajarinya tanpa disadari!

Meski memiliki kosa kata yang luas adalah hal yang baik, namun selalu ingatlah bahwa dalam bahsa Mandarin, akurasi adalah hal yang lebih penting. Tidak ada gunanya mempelajari suatu kata jika Anda tidak bisa mengucapkannya dengan benar, yaitu dengan nada yang benar, karena pengucapan yang berbeda menunjukkan arti yang berbeda. Sebagai contoh, menggunakan nada yang salah (misalnya mengatakan mā, bukan mǎ) bisa berarti “ibu”, padahal yang Anda maksud adalah “kuda”.

3

Pelajari cara berhitung. Untungnya, sistem angka di bahasa Mandarin mudah dan logis, dan jika Anda sudah mempelajari 10 angka pertama, Anda akan bisa menghitung sampai 99.

Di bawah ini Anda akan menemukan angka dari satu ke sepuluh, ditulis dengan karakter Mandarin yang disederhanakan, diikuti dengan translasi Hanyu pinyin dan simbol pengucapan yang benar. Pastikan untuk melatih pengucapan tiap angka dengan nada yang benar.

Satu: ditulis (一) atau yī, diucapkan [eee]

Dua: ditulis (二) atau èr, diucapkan [err]

Tiga: ditulis (三) atau sān, diucapkan [saan]

Empat: ditulis (四) atau sì, diucapkan [sse’]

Lima: ditulis (五) atau wǔ, diucapkan [wuu]

Enam: ditulis (六) atau liù, diucapkan [liu]

Tujuh: ditulis (七) atau qī, diucapkan [chi]

Delapan: ditulis (八) atau bā, diucapkan [phaa]

Sembilan: ditulis (九) atau jiǔ, diucapkan [ciu]

Sepuluh: ditulis (十) atau shí, diucapkan [she’]

Jika Anda sudah menguasai angka dari 1 sampai 10, Anda bisa melanjutkan dengan menghitung angka dua digit dengan mengucapkan angka puluhan diikuti dengan kata shi, diikuti dengan angka satuan. Sebagai contoh:

Angka 48 ditulis sì shí bā, arti kasarnya “Empat sepuluh ditambah delapan “. Angka 30 ditulis sān shí, berarti “tiga sepuluh “. Angka 19 ditulis yī shí jiǔ, yang artinya “satu sepuluh ditambah sembilan ” (Namun, dalam banyak dialek bahasa Mandarin, pengucapan yī yang di awal seringkali dihilangkan karena dianggap tidak perlu)

Kata untuk ratusan dalam bahasa Mandarin adalah (百) atau baǐ, jadi 100 ditulis yī baǐ, 200 ditulis èr baǐ, 300 ditulis sān baǐ, dll.

4

Pelajari beberapa frasa percakapan. Jika Anda sudah memiliki dasar dan kosa kata serta pengucapannya, Anda bisa melanjutkan dengan mempelajari frasa sehari-sehari dalam percakapan bahasa Mandarin.

Halo = nǐhǎo, diucapkan [nii hao]

Apa marga Anda? = nín guì xìng, diucapkan [niin gwei shing]

Siapa nama Anda? = nǐ jiào shén me míng zì[1]

Ya = shì, diucapkan [she’]

Tidak = bú shì, diucapkan [puu she’]

‘Terima kasih = xiè xiè, diucapkan [shie’ shie’]

Sama-sama = bú yòng xiè, diucapkan [puu yong shiie]

Permisi = duì bu qǐ, diucapkan [twei puu chi’]

Saya tidak mengerti = wǒ bù dǒng, diucapkan [wuo puu tong]

Selamat tinggal = zài jiàn, diucapkan [tjai chiien]

Related posts