Pengen liburan ke gili trawangan? Nih saya kasih sedikit panduan, akan membantu anda

Meski pulau kecil ini sudah lama terkenal, namun ternyata tidak semua orang memiliki informasi lengkap mengenai hal-hal mendasar untuk membuat liburan di Gili Trawangan sempurna. Informasi itu di antaranya berkaitan dengan transportasi, akomodasi, dan aktivitas yang bisa dilakukan.Transportasi
Cara termudah, sekaligus termahal, untuk mencapai Gili Trawangan adalah dengan naik speedboat dari Bali. Anda bisa berangkat dari Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur, atau Pulau Serangan. Jika Anda ingin berhemat, Anda harus lewat Pelabuhan Bangsal, Lombok. Dari Bandara Internasional Lombok, ada 2 alternatif untuk menuju Pelabuhan Bangsal.
Pertama, Anda menyewa mobil langsung dari bandara dengan biaya rata-rata Rp 400.000,00. Apabila Anda bepergian dalam rombongan, maka sebaiknya memilih alternatif ini. Biaya sewa bisa dibagi rata. Pastikan Anda sudah tiba di Lombok sebelum jam 3 sore agar bisa mengejar kapal terakhir ke Gili Trawangan.
Kedua, jika Anda hanya pergi sendiri atau berdua, Anda bisa naik bus Damri Bandara ke Senggigi dan mencari travel lokal yang mempunyai jadwal keberangkatan rutin mengantar tamu ke Pelabuhan Bangsal. Travel lokal ini dapat dijumpai dengan mudah di area Senggigi Sentral. Biayanya berkisar dari Rp80.000,00 per orang. Jika Anda memilih cara ini, Anda sudah harus tiba di Lombok paling lambat pukul 9 pagi, karena rata-rata travel lokal itu hanya berangkat 1 atau 2 kali sehari, yaitu pagi dan siang.
Dari Pelabuhan Bangsal, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan naik public boat dengan biaya sekitar Rp15.000,00 per orang dan lama perjalanan sekitar 30 menit. Kapal paling pertama berangkat pukul 08.00 dan paling terakhir pukul 17.00 WITA. Jadwal kapal ini dapat berubah tergantung kondisi cuaca.

Aktivitas
Aktivitas utama di Gili Trawangan adalah snorkeling atau diving. Namun jika Anda tidak suka keduanya, Anda bisa berjalan kaki menjelajahi pulau sambil menikmati keindahan pantai dan lautnya, berkeliling naik cidomo (alat transportasi lokal mirip dokar atau delman), dan atau sekadar bersantai di pinggir pantai sambil membaca buku dan menikmati sunrise serta sunset-nya yang sangat indah. Di Gili Trawangan tidak ada kendaraan bermotor yang boleh beroperasi sehingga udaranya tergolong nyaman.
Jika Anda ingin snorkeling, banyak operator tur lokal yang dapat menyediakannya. Anda dapat dengan mudah menemuinya di sepanjang pantai utama atau yang juga dikenal dengan aea Sentral. Tarif yang dikenakan tergolong cukup bervariasi, tapi umumnya mulai dari Rp150.000,00 (untuk durasi 3 jam, termasuk makan siang dan kapal). Namun demikian, snorkeling di pinggir pantai pun sudah cukup menyenangkan karena banyak ikan warna-warni yang hilir-mudik. Selain itu, Anda bisa mengunjungi Taman Konservasi Penyu untuk melihat dan belajar tentang konservasi hewan langka ini.

Related posts