Tanpa Diumumkan, Smartphone Flagship Murah Xiaomi Mulai Dijual

 

Pada bulan Juli yang lalu, setelah merilis Mi 8 dan Mi A2 sempat beredar kabar bahwa Xiaomi sedang menyiapkan smartphone versi murah dari varian Mi 8. Berdasarkan salah satu postingan pengguna Twitter bernama Roland Quandt, smartphone versi murah dari Mi 8 tersebut adalah Pocophone F1.

Tweet tersebut juga memberikan bocoran harga yakni sekitar 420 Euro untuk versi 6/64GB dan 460 Euro untuk versi 6/128GB. Selain itu, Roland mengisyaratkan jika Pocophone F1 akan menggunakan chipset Snapdragon 845 dan layar berukuran 6 inci beresolusi 2160×1080 piksel.

1. Bukan rumor,Pocophone F1 mulai dijual di Romania

Dilansir dari situs Android Authority, sebuah situs retail di Romania mencantumkan Xiaomi Pocophone F1 sudah tersedia dan siap dikirimkan ke pembeli sekitar 1-2 hari. Sayangnya, situs retail tersebut dengan nama PC Garage menggunakan bahasa Romania dan penulis agak sulit untuk menjelajahi websitenya yang kurang friendly.

Ketika penulis mengetikkan kata “Pocophone F1” di kolom pencarian, situs tersebut memang menampilkan sejumlah hasil preview yang menandakan jika situs tersebut benar-benar menjual Pocophone F1 dengan 300 hasil pencarian. Akan tetapi ketika penulis selesai mengetikkan kata kunci dan menekan tombol cari, hasil yang didapat sama sekali tidak mencantumkan Pocophone F1, melainkan beberapa smartphone Xioami lainnya. Mungkin mereka sedang kehabisan stock smartphone Pocophone F1.

Untung saja media Android Authority berhasil memesan satu unit sehingga beberapa spesifikasinya dapat diketahui mengingat Xiaomi sama sekali tidak mengumumkan kehadiran smartphone yang diklaim versi murah dari Mi 8 sampai saat artikel ini ditulis

2. Desain klasik yang khas ala Xioami

Seperti smartphone Xiaomi pada umumnya, Pocophone F1 mengusung konsep unibody yang tidak memungkinkan baterai dapat dilepas dengan mudah tanpa alat dan teknik khusus. Selain itu, smartphone ini tersusun dari material metal yang membuatnya terlihat kokoh, premium sekaligus mudah panas.

Desain klasik yang khas ala Xiaomi lainnya adalah penempatan kamera ganda di belakang bagian tengah, sejajar dengan sensor sidik jari seperti pada seri Redmi Note. Smartphone ini juga memiliki notch seperti smartphone kekinan hari ini serta layar full view tanpa tombol home fisik.

3. Spesifikasi yang benar-benar dapat merusak pasar smartphone kelas atas

Dengan menggunakan chipset Qualcomn Snapdragon 845 Octa Core sampai 2.8Ghz dengan cairan pendingin, RAM sebesar 6GB dipadukan memori internal 64GB, baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 3.0 serta interface MIUI 9.0 berbasis Android Oreo dijamin bisa menemani aktivitas multitasking maupun gaming kelas berat seharian penuh. Selain itu, layar IPS 6-inch beresolusi Full HD+ (2246x1080piksel) dengan rasio 18:9 tentunya menawarkan pengalaman menonton konten maupun berman game yang mengagunkam berkat resolusi layar yang jernih dan detail serta view angle layar yang lebih lebar.

Berbicara soal kamera, Pocophone F1 dibekali kamera utama ganda beresolusi 12MP + 5MP dibagian belakang dengan dukungan AI untuk menghasilkan foto yang lebih jernih dan detail. Untuk urusan selfie, terdapat kamera beresolusi 20MP yang dijamin dapat menghasilkan potret yang ciamik.

4. Informasi harga sudah terkuak

Smartphone dengan konektivitas Bluetooth 5.0 ini dilabeli dengan harga $499 atau sekitar 7 jutaan (IDR 7.203.064). Akan tetapi, informasi mengenai ketersediaan secara global belum ada, termasuk kepastian apakah smartphone ini akan masuk ke pasar Indonesia. Terdapat rumor yang mengatakan jika smarphone ini akan dipasarkan di India bulan Oktober mendatang.

Selain itu, karna Xiaomi tidak mengumumkan smartphone ini dengan resmi, hanya beberapa spesifikasi yang dapat diketahui dengan pasti. TIdak menutup kemungkinan masih ada fitur unggulan Pocophone F1 yang tidak sempat diulik oleh media Android Authority.

Nah, sembari menunggu informasi kepastian selanjunya, bagaimana menurutmu tentang smartphone flagship murah ala Xioami ini ? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar.

Related posts