Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu

Laptop menjadi salah satu elektronik sehari-hari yang dibutuhkan setiap orang. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, orang kantoran dan bahkan traveller, semuanya membutuhkan laptop untuk kebutuhannya masing-masing.
Untuk kamu yang mau beli laptop baru, yuk sebelumnya perhatikan tips berikut ini dulu! 

1. Tips membeli laptop baru yang pertama adalah dengan menyesuaikan jenis dan merk laptop sesuai dengan kebutuhan. Setiap tipe dan merk laptop memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Misalnya, laptop untuk gaming, laptop untuk mendesain, atau bahkan laptop kasual untuk kegiatan sehari-hari aja. Setiap merk laptop tentu punya fungsi yang berbeda-beda, jadi sesuaikan fungsi tersebut dengan kebutuhanmu. 

2. Perhatikan garansi. Salah satu tips membeli laptop baru agar tidak tertipu adalah memperhatikan garansi. Penting hukumnya untuk mengecek kartu garansi, peraturan dan juga jangka waktu garansi tersebut. Jadi, semisal ada hal yang nggak diinginkan terjadi sama laptopmu, kamu bisa langsung menggunakan garansi tersebut. 

3. Periksa Segel Di Bawah Laptop
Hampir semua laptop baru pasti disegel di bagian bawah laptopnya. Ada dua stiker yang perlu Anda ketahui. Pertama stiker dari produsen laptop, yang biasanya berbentuk stiker hologram. (seperti di laptop acer). Sedangkan yang kedua adalah segel dari distributor atau toko tempat Anda membeli laptop, segelnya berupa stiker biasa yang diberi tanggal.

Perlu saya jelaskan sedikit, bahwa stiker atau segel tersebut difungsikan untuk menandai bahwa laptop tersebut adalah asli (jika segel dari produsen). Kemudian, kalau stiker dari distributor dan toko komputer, digunakan untuk menandai sebuah laptop, bahwa laptop tersebut barang jualan toko itu. Selain itu, stiker pada distributor dan toko komputer juga diberi tanggal guna mencatat tanggal lakunya sebuah laptop.
Nah, sekarang yang perlu Anda periksa adalah, pastikan bahwa stiker-stiker tersebut masih utuh. Dalam artian tidak rusak, tidak ditimpa dua kali, dan tidak berlubang. Sebab kalau rusak artinya laptop tersebut sudah hilang garansinya. Kalau ditimpa dua kali, ada kemungkinan laptop tersebut bekas dikirim ke produsen atau distributor untuk diperbaiki. Makanya hati-hati. Kemudian periksalah tanggal pada stiker yang ditulis oleh toko tempat Anda membeli laptop. Pastikan tanggalnya sama dengan hari ini ya..

4. Cocokkan “Tipe laptop dan Serial Number” Di Dos, Kartu Garansi Dan Bawah Laptop
Penting sekali bagi Anda untuk memastikan bahwa laptop yang Anda beli memiliki kecocokan “tipe serta serial number”, yang ada di tiga tempat yaitu: kartu garansi, di dos, dan di bawah laptopnya. Serial Number ditulis dengan kode (SN). Jika di ketiga tempat tersebut sama, itu bagus. Sebab kalau serial number laptop di kartu garansi tidak sama dengan yang tertera di bawah casing laptop, berarti itu bukan kartu garansi yang benar. Dan jika Anda langsung membawanya pulang, berarti Anda hanya ingin menghilangkan garansi pada laptop Anda 🙂
Begitu juga dengan dos.. Harus sama tipe dan serial numbernya dengan yang di laptop atau di kartu garansi. Kalau tidak sama, berarti itu bukan dos asli laptop tersebut. Dan artinya lagi, laptop tersebut dipertanyakan. Laptop baru kah atau bukan..

Related posts