Tips Penting Agar Anak Kembali Bersemangat Sekolah Setelah Libur Panjang

Post Holiday Syndrome atau sindrom pasca liburan ternyata tidak hanya diderita oleh orang dewasa, namun hal ini juga bisa terjadi pada si kecil. Gejala utama dari sindrom ini, yakni anak enggan kembali ke sekolah setelah libur panjang yang menyenangkan. Lantas apa yang harus dilakukan para orangtua agar anak tetap bersemangat untuk pergi kesekolah? Liburan memang menyenangkan, apalagi jika liburan yang didapat adalah libur panjang yang begitu mengesankan. Namun bila liburan telah usai, semuanya mau tidak mau harus kembali ke aktivitas dan rutinitas sebegaimana biasa dijalani. Terutama anak-anak, mereka harus kembali ke sekolah dan menjalani rutinitasnya seperti biasa. Akan tetapi, bagaimana bila sikecil masih bermalas-malasan pergi kesekolah? sulit bangun pagi dan sarapanpun sangat lambat. Maunya bangun siang, duduk didepan televisi sambil menyaksikan acara kartun kesukaannya. Dan di sekolahpun nampaknya ia menjadi kurang antusias mengikuti pelajaran.

Berikut tips yang bisa anda lakukan agar anak-anak kembali bersemangat pergi ke sekolah setelah libur panjang.
1. Membiasakan bangun pagi

Ketika libur panjang, anak biasanya bangun lebih siang daripada biasanya. Tapi, satu minggu sebelum anak masuk sekolah, anda harus membiasakan anak untuk bangun lebih pagi, agar saat mendekati hari masuk sekolah, anak akan terbiasa.

2. Siapkan Perlengkapan Sekolah Baru
Salah satu hal yang paling ditunggu oleh si kecil untuk kembali ke sekolah adalah perlengkapan sekolah baru. Perlengkapan dan peralatan baru yang ibu belikan membuatnya tak sabar ingin segera masuk sekolah. Hal ini sama artinya dengan meningkatkan semangat anak untuk kembali bersekolah. Untuk itu, tidak ada salahnya belikan perlengkapan baru untuknya sekolah. 

Related posts